Home | Webmail | Intranet | Peta Situs | Kontak Kami

  

  
Home » Print this page Back to previous page Back to top
Lembaga Pengabdian Masyarakat
Tentang LPM
Profil
Kegiatan
   
 
Profil

Tujuan Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat difokuskan pada hal-hal berikut :

Ke dalam :
1. Mengintegrasikan dharma-dharma dari tri-dharma perguruan tinggi menjadi satu kesatuan integritas kegiatan yang berkelanjutan
2. Melakukan koordinasi penyusunan rencana dan program PKM
3. Melakukan koordinasi persiapan kegiatan pelaksanaan program PKM, dengan atau tanpa kerjasama dengan perguruan tinggi atau instansi lain
4. Melakukan koordinasi monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan PKM

Ke luar :
1. mengimplementasikan salah satu tri-dharma perguruan tinggi sehingga memberi manfaat yang sebesar-besarnya bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) di masyarakat
2. mengembangkan potensi masyarakat sehingga dapat membangun dirinya sendiri
3. menjalin kerjasama dengan berbagai pihak sebagai perwujudan kepentingan bersama membangun masyarakat

Sasaran Pembinaan

Sasaran kegiatan sampai dengan saat ini mencakup pihak-pihak sebagai berikut :
1. Kelompok-kelompok masyarakat seperti kelompok Prokesra-UPPKS
2. Usaha-usaha kecil-menengah (UKM) dan koperasi
3. Lembaga-lembaga swasta atau pemerintah
4. Sekolah-sekolah menengah dan kejuruan
5. Perguruan tinggi swasta dan negeri
6. Kalangan umum lainnya yang memerlukan
Dalam rangka pembinaan dan pengembangan masyarakat, kerjasama dengan berbagai instansi baik swasta maupun pemerintah telah dilakukan diantaranya dengan : PAN Systems, DIKTI, Depdiknas, PT USI IBM, Persatuan Senam Indonesia (PERSANI), Asuransi ABRI (ASABRI), Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, STMIK STIKUBANG Semarang, Bank Indonesia (BI), Peruri, Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI), STMIK Jakarta, Universitas Siliwangi, Universitas Jambi (UNJA), Oracle Indonesia, BKKBN DKI Jakarta, pemerintah Kecamatan Jagakarsa, pemerintah Dati II Depok Jawa Barat.

Ciri kegiatan
Ciri kegiatan mencakup sasaran, sifat kegiatan, waktu kegiatan, pelaksana kegiatan dan bentuk kegiatan. Secara ringkas uraiannya mencakup hal-hal berikut :
- sasaran : masyarakat, terbagi atas :
1. masyarakat langsung
2. sekolah-sekolah atau institusi pendidikan lainnya
3. perusahaan atau lembaga pemerintah
- sifat kegiatan :
a) kongkrit dan mempunyai manfaat langsung kepada masyarakat
b) berorientasi pada sifat kegiatan "yang berkelanjutan" (sustainable).
c) strategi pelaksanaan diarahkan pada strategi kegiatan kelompok dan bukan individu perguruan tinggi saja, bekerjasama dengan lembaga atau instansi lain.
- waktu : jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang
- pelaksana : sivitas akademika, terdiri atas : dosen, mahasiswa, karyawan
Saat ini diarahkan pula untuk melakukan kegiatan bekerjasama dengan kelompok perguruan tinggi, misalnya yang tergabung dalam Konsorsium Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat Perguruan Tinggi Swasta (KLPM-PTS).
- bentuk kegiatan, dibagi menjadi dua, yaitu :
a. kegiatan yang berbasis teknologi informasi (IT)
b. kegiatan pendampingan langsung masyarakat, dapat berupa pelatihan maupun pembinaan lapangan



Universitas Gunadarma
UGer ID :
Password :

Lupa password ?



Sertifikasi Internasional

Print this page Back to previous page Back to top




Silakan eksplorasi UG-ONLINE sesuai dengan layanan yang anda inginkan.
UG-ONLINE menawarkan berbagai layanan.
Terms of Use | Privacy Policy | Copyright 2000 - 2006 Universitas Gunadarma. All Rights Reserved