Kalender Akademik

Satu Tahun Akademik dibagi dalam dua semester yaitu perkuliahan pada Semester Ganjil dan Semester Genap. Perkuliahan pada Semester Ganjil umumnya dimulai bulan September hingga Januari, sedangkan Semester Genap dimulai bulan Februari hingga Agustus. Kalender Akademik yang berisi rincian kegiatan selama satu semester akan diumumkan diawal semester. Kalender Akademik akan diumumkan melalui BAAK On_Line atau ditempel pada papan pengumuman dan dipasang di beberapa tempat strategis di setiap kampus (Kampus A, C, D, E, G, dan H).

Setiap mahasiswa wajib memperhatikan jadwal kegiatan yang tertera didalam kalender akademik karena setiap keterlambatan atau kelalaian dalam mengikuti kegiatan akademik akan berakibat pada pemberian sanksi skorsing atau tidak diperkenankan mengikuti kegiatan akademik tertentu.

Daftar Dosen Wali Kelas Semester ATA 2020/2021

No Kelas Dosen
1 2DA01 ERNA KUSTYARINI
2 2DB01 ANNA FITRIA
3 2DB02 MARGI CAHYANTI
4 2DC01 RATNA ASSYURAWATI
5 2DD01 SRI NAWANGSARI
6 2DF01 RETNO SUWIYANTI
7 2EA01 BERTILIA LINA KUSRINA
8 2EA02 ENDIKA PERDANA
9 2PA23 RINI INDRYAWATI
10 2SA01 SUDJANA
11 2SA02 DEFI JULIANTI
12 2SA03 SUCI BUDIWATY
13 2SA04 DWI NITISARI
14 2SA05 DYAH KARTIKA WIJAYANTI
15 2SA06 ICHWAN SUYUDI
16 2TA01 TATI NOVIATI
17 2TA02 HARYONO PUTRO
18 2TA03 NAHDALINA
19 2TA04 HERI SUPRAPTO
20 2TA05 SRI WULANDARI

Total Records : 207

Koordinator Mata Kuliah Semester ATA 2020/2021

No Mata Kuliah Kelas Dosen
1 Aerodinamika 4IC SANDY SURYADY
2 Akt.Keu.Menengah 2A & Prak. */** 2DA RENI ANGGRAINI
3 Akt.Keu.Menengah 2B & Prak. */** 2DA RENI ANGGRAINI
4 Akuntansi Internasional 3EB NIDA NUSAIBATUL ADAWIYAH
5 Akuntansi Keu. Menengah & Prak ** 3DD RENI ANGGRAINI
6 Akuntansi Keu. Menengah 2 ** 2EB RENI ANGGRAINI
7 Akuntansi Keu.Lanjut 2 &Prak** 3DA ZAIDATUN EKASTUTI
8 Akuntansi Keu.Menengah 2 & Prak** 2DF RENI ANGGRAINI
9 Akuntansi Keuangan Lanjut 2 3EB ZAIDATUN EKASTUTI
10 Akuntansi Manajemen 2EA DIONYSIA KOWANDA
11 Akuntansi Manajemen & Prak ** 3DF DIONYSIA KOWANDA
12 Akuntansi Manajemen */** 2EB DIONYSIA KOWANDA
13 Akuntansi Manajemen Lanjut 4EA DIONYSIA KOWANDA
14 Akuntansi Pajak** 3EB BENY SUSANTI
15 Akuntansi Syariah 4EB BUDI WAHYUDI
16 Algoritma & Pemrograman 2 1DB ETY SUTANTY
17 Algoritma & Pemrograman 2 ABC * 1KA ETY SUTANTY
18 Algoritma & Pemrograman 2A 1KB MITA LAILASARI
19 Algoritma & Pemrograman 2A 1IA A. RAMADONA NILAWATI
20 Algoritma & Pemrograman 2A 1KA ETY SUTANTY

Total Records : 518

Daftar Dosen Pembimbing dan Mahasiswa Penulisan Ilmiah (PI)
Semester ATA 2020/2021

KELAS KELOMPOK NPM NAMA MHS DOSEN PEMBIMBING
3DB01 A 32118006 DINDA AYU OKA MULYANA TETY ELIDA SIREGAR
3DB01 A 32118127 DWIPAYANA TETY ELIDA SIREGAR
3DB01 A 33118140 HESEKIEL EBENTONO HUTAJULU TETY ELIDA SIREGAR
3DB01 A 33118540 JOSUA ELYAS TETY ELIDA SIREGAR
3DB01 A 33118983 MARIA PUJI LESTARI TETY ELIDA SIREGAR
3DB01 A 36118188 RIMBA PARAMUKTI TETY ELIDA SIREGAR
3DB01 A 36118199 RIO DEVANKA TETY ELIDA SIREGAR
3DB01 A 36118448 SAKINAH AMELIA TETY ELIDA SIREGAR
3DB01 A 36118486 SALSABILA NUR AFIFA TETY ELIDA SIREGAR
3DB01 A 37118107 TOMMY ANDREAN TETY ELIDA SIREGAR
3DB01 B 32118147 EDI SAPUTRO BAMBANG GUNAWAN H
3DB01 B 32118730 FIKRI RACHMAN SIERRA BAMBANG GUNAWAN H
3DB01 B 33118886 M FARID JULIAWAN FIKRILLAH BAMBANG GUNAWAN H
3DB01 B 34118126 MIKHAEL LAY BAMBANG GUNAWAN H
3DB01 B 35118132 NADIA KURNAWATI BAMBANG GUNAWAN H
3DB01 B 36118563 SAWRAM DHAVI BAMBANG GUNAWAN H
3DB01 B 36118897 SYAFIRA ISTIQOMAH BAMBANG GUNAWAN H
3DB01 B 36118922 SYAMSANIAR APRIANI MALIK BAMBANG GUNAWAN H
3DB01 B 37118100 TITO HANDARU BAMBANG GUNAWAN H
3DB01 B 37118281 WAHYU ADIBYA FIRMANSAH BAMBANG GUNAWAN H

Total Records : 5456

Jadwal Kuliah

Kurang lebih dua atau tiga minggu sebelum perkuliahan dimulai, BAAK (dalam hal ini Bagian Penjadwalan) mengumumkan jadwal kuliah tiap kelas untuk seluruh Jenjang / Jurusan / Fakultas.

Jadwal kuliah per kelas ini akan diumumkan melalui BAAK On_Line atau ditempel di papan pengumuman di setiap lokasi kampus (C, D, E, dan G). Selain ditempel pada papan pengumuman jadwal kuliah juga dapat ditanyakan di loket pelayanan BAAK atau Sekretariat Dosen dan juga dapat dilihat di BAAK On_Line.

Pada Jadwal Kuliah akan tercantum hari, waktu, lokasi, mata kuliah dan dosen pengajar di tiap kelas per minggunya.

Waktu Kuliah

Dalam satu hari, waktu kuliah dibagi menjadi empat belas (14) jam kuliah :

  1. Waktu kuliah kelas pagi akan dimulai jam ke-1 s/d jam ke-10;
  2. Waktu kuliah kelas malam akan dimulai jam ke-11 s/d jam ke-14.
Jam ke - Pukul
Jam ke - 1 07.30 - 08.30
Jam ke - 2 08.30 - 09.30
Jam ke - 3 09.30 - 10.30
Jam ke - 4 10.30 - 11.30
Jam ke - 5 11.30 - 12.30
Jam ke - 6 12.30 - 13.30
Jam ke - 7 13.30 - 14.30
Jam ke - 8 14.30 - 15.30
Jam ke - 9 15.30 - 16.30
Jam ke - 10 16.30 - 17.30
Jam ke - 11 17.30 - 18.30
Jam ke - 12 18.30 - 19.30
Jam ke - 13 19.30 - 20.30
Jam ke - 14 20.30 - 21.30
Cara Membaca Jadwal Kuliah adalah sebagai berikut :

Contoh Jadwal :

Selasa   1/2/3   E 341   Pemrograman Komputer

Rabu   5/6   D424   S I M

Berarti :

Kuliah Pemrograman Komputer hari Selasa jam 07.30 s/d 10.30 di Kampus E gedung 3 lantai 4 ruang 1 (huruf E menunjukkan lokasi kampus E, digit angka pertama menunjukkan gedung ke-3, digit kedua menunjukkan lantai 4, dan digit ketiga menunjukkan nomor ruang),

dan kuliah S I M hari Rabu jam 11.30 s/d 13.30 di Kampus D Gedung 4 lantai 2 ruang 4.

Lokasi dan Ruang Kuliah :

Lokasi dan ruang kuliah bagi mahasiswa yang memilih lokasi kuliah Depok adalah Kampus D, E, dan / atau G;

Lokasi dan ruang kuliah bagi mahasiswa yang memilih lokasi kuliah Salemba adalah Kampus C, D, E dan / atau G. Lokasi kuliah terdiri dari :
1). Kampus A Jalan Kenari III / 5 Jakarta;
2). Kampus C : Jalan Salemba Raya 53 Jakarta;
3). Kampus D : Jalan Margonda Raya 100 Pondok Cina - Depok;
4). Kampus E : Jalan Akses, Kelapa Dua, Cimanggis;
5). Kampus G : Jalan Akses, Kelapa Dua, Cimanggis;
6). Kampus H : Jalan Akses, Kelapa Dua, Cimanggis.

Jadwal Ujian

Tiga minggu sebelum Ujian Tengah Semester / Akhir Semester dimulai, BAAK (dalam hal ini Bagian Ujian) mengumumkan Jadwal Ujian Tengah Semester / Akhir Semester per kelas untuk setiap Jenjang / Jurusan / Fakultas. Jadwal Ujian ini dapat dilihat pada BAAK On_Line atau ditempel di papan pengumuman di kampus C, D, E dan G. Jadwal Ujian juga dapat ditanyakan di loket pelayanan BAAK atau di Sekretariat Dosen di tiap-tiap kampus.

Bersamaan dengan pengumuman Jadwal Ujian, akan diumumkan juga tentang Tata Tertib Ujian dan Pengumuman lain yang berhubungan dengan ujian (misalnya batas waktu pelaporan ujian bentrok).

Hal-Hal yang Berkaitan dengan Ujian :

  1. Presensi Kuliah
    Setiap mahasiswa diijinkan mengikuti ujian suatu mata kuliah jika ia hadir sekurang kurangnya 70% dari kegiatan kuliah tersebut.
  2. Tata Tertib Ujian Tata Tertib Ujian berisi aturan yang berlaku selama ujian berlangsung. Tata Tertib Ujian dapat dilihat di BAAK On_Line dan juga ditempel bersamaan dengan pengumuman jadwal ujian, dan ditempelkan juga di setiap ruang ujian, dan dibacakan pada setiap sesi ujian sebelum ujian berlangsung. Setiap mahasiswa wajib memperhatikan dan mentaati Tata Tertib Ujian ini.
  3. Ujian Susulan
    Setiap mahasiswa wajib mengikuti ujian sesuai dengan jadwal. Mahasiswa yang tidak hadir pada waktu ujian, karena sesuatu hal, dinyatakan batal ujian. Ujian susulan atau ujian tersendiri di luar jadwal yang telah ditentukan, hanya dipertimbangkan untuk diselenggarakan, jika ada kasus yang sangat khusus. Kasus sangat khusus dan prosedur pengajuan ujian susulan tersebut dapat dilihat pada Prosedur Ujian Susulan.
  4. Jadwal Ujian Bentrok
    Mahasiswa yang mengambil mata kuliah di kelas yang lebih atas atau mengulang di kelas yang lebih bawah, ada kemungkinan jadwal ujiannya bentrok (dua atau lebih mata ujian bersamaan waktu ujiannnya). Bagi mahasiswa yang jadwal ujiannya bentrok, maka wajib melapor dan mengisi formulir yang disediakan oleh BAAK dengan batas waktu yang ditentukan (batas waktu dan syarat pelaporan dapat dilihat pada pengumuman).

Pengurusan Ujian Bentrok

Mahasiswa yang mengambil mata kuliah di kelas yang lebih atas atau mengulang di kelas yang lebih bawah, ada kemungkinan jadwal ujiannya bentrok (dua atau lebih mata ujian bersamaan waktu ujiannya). Bagi mahasiswa yang jadwal ujiannya bentrok, wajib melapor dan mengisi formulir yang disediakan oleh BAAK sesuai dengan batas waktu yang ditentukan.

Prosedur Pengurusan Ujian Bentrok

  • Isilah form pengurusan ujian bentrok dengan lengkap dan benar (kesalahan pengisian tidak menjadi tanggung jawab BAAK)
  • Jika dalam satu hari terdapat lebih dari dua mata ujian, isilah seluruh jadwal ujian yang akan diikuti pada hari tersebut
  • Periksalah kembali data isian anda.
  • Setelah mengisi form, perhatikan petunjuk untuk langkah selanjutnya.
  • Untuk pengambilan surat keterangan ujian bentrok di loket BAAK, diwajibkan membawa 'lembar pengisian form online'.
  • Jadual dapat diambil satu hari sebelum ujian dimulai di BAAK (Loket 3)
  • Selama ujian berlangsung jadual dapat diambil di Gedung 3 Lantai 1, Kampus E (Sekretariat Dosen / Panitia Ujian)

Formulir Rencana Studi

Kartu Rencana Studi atau KRS adalah kartu yang berisi daftar mata kuliah yang akan diikuti oleh setiap mahasiswa dalam satu semester. Dalam KRS tercantum data mahasiswa (NPM, Nama, Kelas, Fakultas, Jurusan, Jumlah Semester dan Tahun Akademik yang diikuti), Kode Mata Kuliah, Mata Kuliah, SKS dan Kelas yang diikuti. KRS berlaku/sah, jika ada pas foto mahasiswa yang bersangkutan dan cap Universitas.

KRS merupakan bukti sebagai mahasiswa yang aktif pada semester yang bersangkutan dan berfungsi sebagai Kartu Peserta Ujian (KRS wajib dibawa setiap kali mengikuti ujian). Pengisian KRS dilakukan oleh setiap mahasiswa secara langsung di PSMA-Online. Tata cara pengisian KRS dapat dilihat pada Buku Pedoman Pengisian KRS yang dikeluarkan oleh PSMA-Online.

Hal-Hal yang Berkaitan dengan Pengisian KRS :

  1. Formulir Rencana Studi (FRS) Sebelum pengisian KRS, BAAK akan membagikan FRS yang berisi daftar mata kuliah yang ditawarkan di tiap kelas;
  2. Mahasiswa yang sudah tidak mempunyai kelas reguler, mendapatkan FRS dan mengkonsultasikan pengisiannya dengan Sekretaris Jurusan atau Ketua Jurusan;
  3. Bagi mahasiswa yang akan mengulang mata kuliah, harus memperhatikan jadwal kelas yang diambilnya agar tidak bentrok dengan jadwal kuliah kelas regulernya;
  4. Batal/Ubah/Tambah (BUT); Mahasiswa yang sudah mengisi dan mengambil KRS, dapat memperbaiki isi KRS-nya melalui prosedur Batal/Ubah/Tambah (lihat prosedur BUT);
  5. Batas maksimum pengambilan mata kuliah (yang dicantumkan dalam KRS, termasuk mata kuliah yang diulang) dalam satu semester adalah 24 SKS.

Berikut ini adalah FRS setiap program studi (jurusan). Mahasiswa dapat mengunduh FRS ini untuk digunakan sebagai pegangan dalam pengisian KRS di PSMA online. Unduh Format FRS

Silakan Unduh daftar Mata Kuliah pada Menu Daftar Mata Kuliah